Kamis, 17 Januari 2019

Perbandingan Spesifikasi Dan Performa Mesin Yamaha R15 Dan Honda Cbr150r

Yamaha R15

Kedua pabrikan sepeda motor raksasa yaitu Honda dan Yamaha sanggup dibilang yaitu seteru abadi, pasalnya produk-produk dari kedua pabrikan tersebut selalu bersaing ketat dipasaran, baik di segmen motor bebek, motor skutik, maupun motor sport, termasuk motor sport keluaran terbarunya yaitu Honda CBR150R dan Yamaha R15. Kedua motor tersebut sekarang bersaing ketat dipasaran untuk segmen motor sport 150cc. Tidak hanya dari segi penjualan saja, sebab dari segi performa mesin keduanya juga saling adu keunggulan.

Berikut ini perbandingan spesifikasi mesin antara Honda CBR150R dan Yamaha R15:

Meskipun keduanya sama-sama masuk kategori kelas 150cc, tapi ada perbedaan signifikan dari kapasitas mesin Honda CBR150R dan Yamaha R15.
Honda CBR150R dibekali mesin berkapasitas 149,16 cc, DOHC 4-katup berpendingin cairan. Dari spesifikasi mesin tersebut CBR150R sanggup menghasilkan torsi 14,4 Nm pada putaran 7.000 rpm dan daya 17,1 PS pada 9.000 rpm.

Sedangkan Yamaha R15 dibekali mesin 1-silinder dengan kapasitas 155,1 cc dengan konfigurasi head SOHC (Single Over Head Camshaft), 4-katup dan sistem pendingin cairan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Mesin tersebut sanggup menghassilkan torsi 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm.

Dari angka-angka di atas kertas saja sudah sanggup dilihat jikalau output mesin Yamaha R15 lebih bertenaga dibanding Honda CBR150R, ditambah lagi Yamaha R15 sudah menerapkan teknologi VVA yang memungkinkan optimalisasi tenaga dan torsi di banyak sekali putaran mesin. Hasilnya, dari putaran rendah Yamaha R15 sudah mempunyai akselerasi yang responsif tanpa mengorbankan performa putaran atas. Sedangkan Honda CBR150R dengan konfigurasi mesin DOHC dapat di andalkan pada putaran mesin tinggi.

Yamaha R15 menggunakan jenis head SOHC. Konfigurasi ini unggul pada dimensi yang lebih kompak, ringan dan cenderung minim perawatan. Menariknya, mesin SOHC tersebut sudah menggunakan 4-katup dan dilengkapi teknologi VVA untuk menutup kekurangannya ketika dibandingkan dengan mesin DOHC.

Dengan spesifikasi mesin yang dimilikinya, performa Yamaha R15 saat digunakan dikawasan perkotaan tampaknya lebih unggul dibanding Honda CBR150R. Apalagi, pada transmisi 6-speed R15 sudah didukung teknologi Assist & Slipper Clutch (ASC) yang memastikan kopling lebih ringan, sehingga perpindahan gigi menjadi lebih halus dan responsif.

Jadi, untuk performa mesin sanggup dibilang Yamaha R15 lebih unggul dari Honda CBR150R. Tapi kalau melihat bobot dan posisi berkendara, Honda CBR150R lebih nyaman ketika digunakan untuk harian.

Untuk perbandingan efisiensi materi bakar, keduanya sudah didukung teknologi untuk menekan konsumsi bahan bakar berlebih. Kalau dilihat dari kapasitas mesin yang lebih kecil dan penerapan teknologi PGM-FI, sepertinya Honda CBR150R punya potensi sedikit lebih hemat BBM dibanding Yamaha R15.

Jadi, huruf mesin antara Honda CBR150R dan Yamaha R15 sanggup dirasakan perbedaanya, tinggal selera dan kecocokan dari masing-masing konsumen untuk menentukan mana yang lebih cocok.


Demikian sedikit isu wacana “Perbandingan spesifikasi dan performa mesin Yamaha R15 dan Honda CBR150R”. Untuk isu lain seputar Otomotif, sanggup dibaca pada artikel lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih


Honda CBR150R




Sumber https://ratukorex.blogspot.com/