Minggu, 07 April 2019

Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Feroza

Daihatsu Feroza

Daihatsu Feroza merupakan salah satu jenis kendaraan beroda empat SUV yang mempunyai desain sama dengan kendaraan beroda empat Dihatsu Rocky atau Daihatsu Taft. Yang berbeda ialah mesin Daihatsu Feroza memakai mesin bensin, sedangkan Daihatsu Rocky dan Taft memakai solar.

Daihatsu Feroza pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 1992 dan menerima sambutan baik dari konsumen alasannya ialah kendaraan beroda empat ini mempunyai tampilan yang gagah. Mobil ini dirakit lokal sama dengan Rocky dan Traft. Tapi dibalik tampilannya yang menawan pada masanya itu, kendaraan beroda empat ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang banyak dikeluhkan para penggunanya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu Feroza:

Kelebihan:

- Memiliki desain eksterior yang gagah

Kelebihan yang paling menonjol dari mobil  ini ialah pada desainnya yang gagah/macho. Eksteriornya memang didesain dengan tampilan kotak yang minim lekukan. Tampilannya yang gagah tersebut juga didukung dengan ground clearance yang cukup tinggi serta desain pilar B yang sanggup difungsikan sebagai pelindung rollover.

- Bisa melintasi jalanan berlumpur atau banjir

Dengan desain ground clearance yang dibentuk cukup tinggi, menciptakan kendaraan beroda empat ini sanggup melewati jalanan pada ketika banjir. Selain itu, kendaraan beroda empat ini juga sangat cocok dipakai sebagai kendaraan proyek yang harus melewati medan-medan sulit.

- Kapasitas kabin cukup besar

Daihatsu Feroza termasuk jenis kendaraan beroda empat SUV, sehingga mempunyai ukuran yang cukup besar dan sanggup menampung penumpang lebih banyak dibandingkan jenis kendaraan beroda empat lainnya. Kabin kendaraan beroda empat ini sanggup menampung sampai 6 orang penumpang di dalamnya.

- Peforma mesin

Mobil ini dibekali mesin dengan kapasitas 1,6 liter yang sanggup menghasilkan power sampai 94 Hp pada putaran 5700 rpm serta torsi mencapai 127 Nm pada putaran 4800 rpm. Meskipun tampak sangat lemah untuk ukuran kendaraan beroda empat besar, namun mesin kendaraan beroda empat ini terbilang lebih anggun kalau dibandingkan dengan mesin kendaraan beroda empat lain alasannya ialah sudah berkonfigurasi 16 katup.

- Suspensi

Sistem suspensi pada kendaraan beroda empat ini sudah memerapkan double wishbone dengan peredam kejut telescopic serta stabilizer sudah memakai pegas torsi bar. Hal ini menciptakan penumpang merasa nyaman meskipun melewati jalanan yang rusak atau tidak rata.

- Sistem pengereman

Kelebihan lainnya dari kendaraan beroda empat ini terletak pada sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan rem cakram lengkap dengan booster pada roda bab depan. Sedangkan pada roda belakang masih memakai rem drum dengan leading dan trailing. Dan untuk rem parkirnya, kendaraan beroda empat ini memakai rem mechanical internal expansion pada bab roda depan, sehingga menciptakan pengemudi merasa nyaman ketika memarkirkan kendaraan beroda empat baik di jalanan miring, menurun, atau menanjak sekalipun.

Kekurangan:

- Akses kabin belakang cukup sulit

Salah satu kekurangan dari kendaraan beroda empat ini ialah terusan bab belakangnya yang cukup sulit alasannya ialah tidak mempunyai pintu samping, jadi kalau mau masuk kabin belakang harus lewat pintu depan. Sementara pintu belakangnya berada dibelakang jok penumpang belakang, sehingga menciptakan kita akan kesulitan mengakses bab belakang kendaraan beroda empat ini.

- Fitur interiornya sangat minim

Kekurangan lain dari Feroza ialah pada desain interiornya yang sangat minim. Meskipun desain eksteriornya cukup menawan, tapi hal itu berbanding terbalik dengan interiornya. Fitur-fitur pada interiornya terbilang sangat minim, bahkan sistem keamanannya pun kurang memadai.

- Harga jualnya rendah

Meskipun kendaraan beroda empat ini cukup laku dipasaran, tapi harga jualnya termasuk sangat rendah hanya sekitar 30 – 40 juta saja, tergantung kondisi mobil.

- Konsumsi materi bakar cukup boros

Meskipun memakai materi bakar bensin, namun konsumsi materi bakarnya sanggup dikatakan cukup boros. Bahkan perbandingan konsumsi materi bakar pada kendaraan beroda empat ini mencapai 1:4 sampai 1:6.

Baca juga:
Demikian sedikit gosip wacana “Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Feroza”. Untuk gosip lain seputar Otomotif, sanggup dibaca pada artikel lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih
Daihatsu Feroza



Sumber https://ratukorex.blogspot.com/