Rabu, 26 Juni 2019

Cara Menciptakan Halaman Disclaimer Blog Atau Web

Dislaimer ialah suatu kata-kata yang ditulis di laman blog yang ditujukan kepada pengunjung blog. Dislaimer berisi pernyataan penyangkalan yang berupa kalimat peringatan untuk pengunjung mengenai artikel yang ada di blog. Kalimat peringatan itu berupa sebuah tanggung jawab. Pemilik blog akan melepaskan tanggung jawabnya terhadap apa akhir yang terjadi pada pengunjung terkait artikel yang dibacanya. Jadi, disclaimer ialah melindungi pemilik blog dari hal-hal yang berakibat fatal terhadap pengunjung yang mempraktekan isi bacaan dari suatu blog.

Sebenarnya blog untuk sekedar hobi-hobian atau dikelola dengan tidak serius tidak terlalu membutuhkan kata-kata disclaimer. Berbeda dengan blog yang dikelola dengan serius yang dipakai untuk komersial ibarat memasang Google Adsense ini tentu sangat dibutuhkan sekali alasannya ialah termasuk salah satu syarat diwajibkan oleh Google Adsense. Selain itu, dengan adanya disclaimer blog juga akan terlihat lebih profesional.

Kalau kita lihat mungkin hampir semua website atau blog yang memiliki disclaimer meskipun tidak terlihat secara terang alasannya ialah dapat saja mereka meletakannya ditempat-tempat yang agak sulit terlihat. Tapi biasanya navigasi disclaimer secara umum diletakkan pada bab tab atas atau bab serpihan bawah blog (footer). Nah, sudah tahu kan apa itu disclaimer? kini ayo kita buat kata-kata disclaimer dengan mengikuti langkah berikut.

Cara Membuat Kata-Kata Disclaimer di Blog:

  1. Pertama-tama buka situs Diclaimer Generator.
  2. Akan ada formulir mengenai isu utama dari blog Anda. Silahkan isi formulir tersebut dengan benar. Berikut pola pengisianya.


  3. Jika sudah tekan Generate Dislaimer.
  4. Maka muncul tulisan-tulisan bahasa inggris,silahkan copy goresan pena tersebut.
  5. Sekarang goresan pena tersebut akan kita salin ke blog. Buka dashboard blogger -> laman -> laman baru.
  6. Terbukalah halaman kosong, rubah mode Compose ke HTML, buat judulnya Disclaimer dan Paste goresan pena bahasa inggris yang telah di copy tadi pada halaman kosong.

  7. Terakhir klik Publikasikan.
Kini kata-kata disclaimer sudah ada di blog anda. Lalu bagaimana cara menampilkanya pada blog? untuk menampilkannya anda harus mengedit HTML template. Sisipkan link disclaimer ke sajian navigasi. Cara mendapat link disclaimer buka halaman disclaimer kemudian copy linknya. Demikianlah tutorial cara menciptakan kata-kata diclaimer pada blog khususnya blogspot, agar bermanfaat.

Sumber https://gividia.blogspot.com/