Kamis, 12 Desember 2019

Cara Flash Samsung J5 Prime Sm-G570y/Ds Indonesia No Fail

Cara Install Ulang Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y/DS Dengan Firmware Marshmallow, Nougat dan Oreo Bahasa Indonesia Dengan dan Tanpa PC- Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah Flashing ponsel Samsung J5 Prime yang sebelumnya menjalankan Android Marshmallow ke Android Nougat. Samsung J5 Prime resmi mendapat pembaruan sistem ke Android Nougat pada bulan Juli 2018 menyerupai yang dirilis situs SamMobile.com.

Meskipun Samsung J5 Prime termasuk produk keluaran lama, tetapi secara performa hape ini cukup sanggup dipercaya untuk keperluan komunikasi sehari-hari, terutama untuk menjalanka jajaran aplikasi Chat terkenal menyerupai WhatsApp, Line, Facebook Messenger dll.

Makanya, Samsung tetap memasukkan perangkat ini kedalam jajaran produk yang mendapat jatah pembaruan versi Android ke versi Oreo pada bulan Desember 2018 kemudian yang mana bisa meningkatkan performa hape secara signifikan dibandingkan ketika masih menjalanka Android Nougat.
Beberapa hal gres yang ada Android Oreo yang akan didapatkan sehabis berhasil menjalankan proses Upgrade antaralain :
  1. Emoji Baru Lebih Cartoonish. Google menginformasikan jikalau ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibentuk lebih Cartoonish dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.
  2. Auto Enable Wi-Fi. Memanfaatkan data dari GPS, fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada ketika anda berada di kawasan yang mempunyai jaringan Wi-Fi serta pernah anda gunakan sebelumnya. Sistem akan menyimpan jaringan tersebut dan secara otomatis mematikan data seluler.
  3. Picture in Picture. Pada android Oreo anda bisa melaksanakan panggilan video sembari menonton video dari youtube melalui browser Google Chrome berkat fitur PIP hanya dengan menekan tombol Home ketika video diputar.
  4. Smart Storage. Fitur ini memungkinkan sistem untuk menghapus file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan semoga tersedia lebih banyak ruang untuk sistem sehingga aplikasi sanggup dijalankan lebih cepat.
  5. Fitur Smart Text. Fitur Android Oreo ini memudahkan anda melalukan copy paste dengan mengaplikasikan On Device Machine Learning. Misalnya, ketika kita melihat goresan pena sebuah alamat, anda tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata. Google akan mengenali frasa dan konteks goresan pena tersebut dan pribadi membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada goresan pena alamat atau menyarankan susukan telepon ketika melihat deretan nomor telepon.
  6. Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara. Tidak cuma alarm doang yang bisa anda tunda. Di Android Oreo, anda sanggup melaksanakan snooze atau menunda pemberitahuan semua aplikasi selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam. Jadi, anda tidak akan melewatkan pemberitahuan penting meskipun anda sedang sibuk. Saat timer habis, anda akan mendapat peringatan lagi.
Flash Firmware selain untuk sekedar memasang firmware Android terbaru juga sanggup menjadi solusi ketika perangkat Samsung J5 Prime mengalami Bootloop yang mana ditandai dengan hape gagal masuk sistem tapi mentok hingga logo Samsung saja.

Lalu, bagaimana cara Flash atau Upgrade Firmware Samsung J5 Prime ke Android Oreo
Ada 3 cara rekomendasi yang bisa anda gunakan supaya perangkat Samsung J5 Prime anda bisa menjalankan Android ccc yaitu :
  1. Flash Tanpa PC Melainkan Langsung Lewat Ponsel
  2. Flash Menggunakan PC Secara Online Dengan Samsung KIES 
  3. Dan Flash Firmware Oflline Menggunakan Odin Flash Tool
Berikut klarifikasi lengkapnya…….!

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail

Cara Flash Samsung J5 Prime Tanpa PC 

Sebelum Action, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum menjalankan proses Upgrade Sistem Android secara online yakni :
  • Tersedia jaringan internet yang stabil dan cepat (direkomendasikan memakai jaringan Wi-Fi). Jika memakai Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang akan didownload. Misalnya File Update / Upgrade berukuran 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.
  • Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan sistem gres yang akan dipasang.
  • Backup File penting di Memori Internal untuk jaga-jaga seandainya terjadi Error yang menjadikan Sistem rusak.

Langkah-Langkah Flash Samsung J5 Prime Tanpa PC

Pertama, Pastikan anda telah mendapat notifikasi adanya pembaruan system pada perangkat anda yang ditandai dengana danya tanda merah pada sajian setting.

Jika tidak, lakukan pengecekan manual dengan membuka sajian Pengaturan → Tentang Ponsel → Informasi Perangkat Lunak → Cek Ketersediaan Perangkat Lunak Terbaru.

Selanjutnya, bila telah mendapat notifikasi berupa tanda merah di sajian Setelan (Setting). Tap sajian Setting tersebut kemudian bakalan tampil informasi detail wacana isi dari pembaruan perangkat lunak yang akan didapat.

Setelah itu Download file pembaruan (Update) dan tunggu prosesnya hingga selesai 100%.

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail


Terakhir, sehabis proses download selesai, system akan meminta untuk melaksanakan Restart guna menginstal File Update yang telah didownload tadi.

Harap maklum jikalau booting pertama kali agak sedikit lama, alasannya yaitu system gres terlebih dahulu memindai hardware serta menginstal aplikasi bawaan sistem guna memperbaharui versi aplikasi sebelumnya.

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail

Sampai proses ini, boleh dikatakan proses upgrade Android telah berhasil anda lakukan.

Cara Flash  Samsung J5 Prime Dengan KIES

Apabila teman-teman menentukan melaksanakan upgrade memakai Samsung KIES berarti teman-teman memerlukan alat bantu berupa seperangkat komputer (direkomendasikan memakai laptop untuk menghindari insiden dimana proses upgrade berhenti alasannya yaitu listrik mati).

Nantinya, aplikasi Samsung KIES inilah yang akan melaksanakan download firmware kemudian memasangnya keperangkat.

Untuk lebih jelasnya, ikuti tahapan-tahapan berikut…!

Langkah-Langkah Flash Samsung J5 Prime Via KIES

Pertama, Download dan instal Samsung KIES. Samsung KIES V.2 ditujukan untuk perangkat android Jelly Bean kebawah, sedangkan yang V.3 ditujukan untuk perangkat android dengan Android  Kit Kat keatas.

Selanjutnya, matikan ponsel kemudian masuk ke “ Download Mode “ dengan cara menekan tombol “ Home + Volume Bawah + Power “.

Untuk ponsel Samsung keluaran gres yang tidak punya tombol Home, cukup dengan menekan “ Tombol Power + Volume Bawah “.

Setelah itu anda jalankan Samsung KIES kemudian hubungkan perangkat yang akan diupgrade firmwarenya memakai kabel data dengan masih menjalankan Download Mode, serta tunggu hingga perangkat benar-benar telah tersinkron dengan aplikasi.

Aplikasi Samsung KIES akan menginformasikan adanya pembaruan firmware tersedia untuk ponsel teman-teman dengan munculnya tombol “ Upgrade Firmware”.

Bila memang tersedia, temen-temen bisa memulai proses instalasi Firmware dengan mengklik tombol “ Ugrade Firmware “ kemudian centang pernyataan pesetujuan “ Bahwa Saya Telah Membaca Semua Informasi Diatas “ kemudian klik lagi tombol “ Mulai Pemutakhiran” yang ada di bawahnya.

Tunggu hingga aplikasi KIES selesai mendownload file yang diharapkan yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses instalasi keperangkat. Untuk itu pastikan teman-teman tidak melepaskan sambungan pada ketika kedua proses ini berjalan.

Nantinya, sehabis semua tahapan dijalankan maka akan tampil pesan “ Pembaruan Peranti Tagar Selesai ” berarti proses upgrade telah teman-teman lewati sehingga bisa dicabut sambungan perangkat dengan komputer dan mulai ulang perangkat Samsung teman-teman.

Perhatian…!

Instal Ulang / Upgrade Firmware dengan cara ini (Samsung KIES) butuh koneksi Internet yang cepat sehingga saya pribadi tidak merekomendasikannya.

Lanjut ke cara yang ketiga…!

Cara Flash Firmware Samsung J5 Prime Dengan PC + Odin

Flashing yaitu istilah lain dari pemasangan perangkat lunak Android pada ruang penyimpanan ponsel. Untuk sanggup melaksanakan flashing ada beberapa materi yang harus disiapkan menyerupai : Firmware Android, Driver USB Samsung, Program Odin Downloader, Kabel Data, Perangkat Komputer.

Penjelasan …!

Firmware Android, Driver USB dan Program Odin Flash Tool

Firmware ini yaitu file sistem yang akan kita instal di hape tapi masih mentah. Sedangkan untuk menginstal firmware diharapkan pertolongan agenda berjulukan Odin.

Perlu untuk anda ingat bahwa Firmware yang dipakai perangkat yang satu dengan yang lain tidaklah sama meskipun berasal dari satu pabrikan.

Misalnya Samsung J7 dan Samsung S7 firmwarenya beda. Atau serinya rada-rada mirip, menyerupai J2 Pro dan J2 Prime.

Solusinya semoga tidak salah dalam menentukan Firmware yaitu downloadlah firmware dengan Kode Pita Dasar yang sama, berlaku untuk Android Kit Kat kebawah.

Sedangkan untuk ponsel Android Samsung dengan versi Android Lollipop keatas sesuaikan dengan Nomor Versi.

Misalnya Samsung Galaxy dengan Kode Pita Dasar DXU maka downloadlah firmware dengan aba-aba pita dasar DXU juga.

Permasalahan beda negara juga tidak masalah, asalkan “ Pita Dasar / Nomor Versi “ tetap sama. Tetapi usahakan untuk memakai Firmware khusus untuk Negara Indonesia supaya sajian Bahasanya lengkap, apalagi bila yang di Flash yaitu miliki pasien anda yang kurang SREG kalau memakai hape yang menunya memakai Bahasa Inggris (lebih-lebih bahasa Asing dengan abjad Non Alfabet).

Untuk mengetahui versi Pita Dasar buka sajian : Setelan → Tentang Telepon → Informasi Perangkat Lunak.

Perhatikan pada Kode yang terdapat pada Versi Pita Dasar /  Nomor Versi.

Selanjutnya ada Driver USB Samsung yang mana Software ini kita perlukan semoga perangkat Samsung Galaxy yang akan di flash bisa terbaca oleh komputer.

Odin sendiri hanya sanggup bekerja di komputer dengan Sistem Operasi Windows. Program Odin tidak bisa membaca hardware, sehingga untuk mendeteksi perangkat beliau bergantung dari komputer kawasan beliau dijalankan.

Perlu untuk anda ingat bahwa Versi Odin yang dipakai tidaklah sama untuk semua perangkat Samungtergantung dari versi Android yang ponsel kita jalankan.

Odin Versi terbaru V.3.11 mendukung Android Marshmallow, Nougat dan Oreo.Sedangkan Odin versi 2.3.0 biasanya untuk Ponsel Samsung dengan Android Jelly Bean kebawah.

Satu hal lagi…!

Terkadang firmware yang ada di internet yang dipaket dalam format zip terdiri dari 4 tipe file yang sanggup dilihat dari aba-aba diawal nama file menyerupai : AP, BL, CP dan CSC.

Jika anda medapatkan firmware menyerupai ini, gunakan Odin yang ada tombol AP-nya, bukan PDA. Salah memakai Odin sanggup menciptakan proses Flashing gagal (Failed).

Download Firmware Android Terbaru J5 Prime DISINI, Untuk Driver USB Samsung DISINI dan Odin DISINI

Aktifkan USB Debugging + OEM Unlock

Istilah USB Debuging yaitu pemberian ijin kepada perangkat komputer untuk melaksanakan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, proses instalasi Stock ROM akan GAGAL.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka sajian Pengaturan → Opsi Pengembang → Pendebug USB.


 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jikalau ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan sajian Opsi Pengembang Buka Pengaturan → Tentang Perangkat → Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Backup File Penting dan Daya Baterai Full 100%

Meskipun kenyataannya melaksanakan flashing tidak akan menghapus data pada memori internal, sebaiknya data penting menyerupai foto dan video dicadangkan dulu ke memori eksternal atau harddisk laptop sebelum melanjutkan ketahap flashing.

Tidak lupa pula untuk isi daya hingga 100% atau setidaknya 60% guna menghindari terhentinya proses pemasangan sistem alasannya yaitu kehabisan daya.

Gunakan Kabel Data Ori dan Komputer Dengan OS Windows

Kabel data diharapkan untuk menghubungkan ponsel Android dengan PC. Seperti yang sudah dijelaskan tadi pastikan dulu Driver USB Samsung-nya sudah terinstal.

Yang tidak kalah penting, jangan gunakan kabel data yang dalam kondisi kurang baik, alasannya yaitu seringkali proses Flash mentok di pertengahan alasannya yaitu transfer data dari PC lewat kabel data tidak sempurna.

Program Odin hanya sanggup dijalankan pada Sistem Operasi Windows, baik itu Windows 7 dan Windows 10. Untuk Sistem Operasi lain menyerupai Linux saya kurang tahu…!

Langkah-Langkah Flash Samsung J5 Prime Menggunakan Odin

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail
Download Mode
Matikan perangkat Samsung Galaxy anda kemudian masuk ke Mode Download dengan cara Menekan  “ Tombol Home + Power + Volume Bawah “.

Sedangkan untuk perangkat Android Samsung edisi gres yang tidak punya tombol Home, gunakan “ Tombol Power + Volume Bawah “ .

Pada ketika handphone bergetar lepaskan tombol Power tapi tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home.

Setelah masuk Download Mode  anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi Firmware sanggup menjadikan kerusakan pada perangkat.Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.

Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat alasannya yaitu sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail

Perhatikan pada ID:COM yang berwarna Biru yang membuktikan perangkat terbaca dengan sempurna. Pada Message Box akan muncul pesan “Added” sesaat sehabis Ponsel Android tersambung.

Sedangkan Pada sajian Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya menyerupai “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “.

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

Firmware Samsung 4 File

Pada beberapa kasus, Firmware yang tersedia di internet tidak hanya terdiri dari satu buah file dengan ekstensi TAR.MD5 saja. Terkadang firmware tersebut terdiri dari 4 file embel-embel menyerupai :, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan aba-aba nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA yang merupakan firmware sedangkan, File BL untuk kolom Bootloader dst.

 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J5 Prime SM-G570Y/DS Indonesia  No Fail

Khusus untuk CSC hanya dipakai jikalau kau ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jikalau tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya sehabis semua file ada ditempatnya masing-masing, klik tombol “ START “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau perangkat akan langusng Restart, kecuali anda tidak mencentang opsi Auto Reboot di sajian Option.

Anda bisa melepas sambungan kabel data dari PC kini dan melaksanakan Setup Sistem.

Booting awal perangkat sehabis menjalani proses Flashing akan berlangsung agak usang alasannya yaitu sistem gres perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Selesai.

Selamat Mencoba……!

Sumber http://banggras.blogspot.com/