Minggu, 13 Maret 2016

Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 Yang Harus Kau Tahu Semoga Ga Malu-Maluin!

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
img_source: biggreenpepper@deviantart

         GGWP, Noob, AFK, Backdoor, Hard Lane.  Jangan resah dengan istilah-istilah Dota 2 ini. Jika kau yaitu seorang newbie di dalam Dota 2 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu. Memang terdengar sepele namun beberapa pemain usang juga ada yang tidak mengerti arti dari kata-kata berikut, dan itu akan berdampak pada kurang efektifnya taktik yang akan digunakan. Minimal ngertilah kalo diajak ngomong. Biar ga malu-maluin XD LOL


BASIC
by : Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Screenshot

Ancient > Bangunan utama yang berada di tengah Base. Bangunan ini yaitu penentu kemenangan di dalam game Dota 2. Team yang sanggup menghancurkan ancient musuhnya yaitu pemenang.

Fountain > Daerah yang berada di dalam Base. Tempat untuk meregenerasi HP dan Mana, daerah respawn untuk hero, dan juga sanggup dipakai untuk membeli beberapa item. Fountain akan menyerang setiap unit musuh yang masuk.

Melee > Serangan jarak dekat. Unit melee tidak mempunyai range pada serangannya, sehingga unit melee harus mendekati musuh untuk menyerang.

Range > Serangan jarak jauh. Unit range memiliki jangkauan serang yang jauh sehingga sanggup menyerang dari jarak tertentu. Serangan range sanggup melewati segala unit atau obstacle yang menghalangi. Setiap Hero Range mempunyai jangkauan serang yang berbeda-beda.

HP > abreviasi dari Healt Point atau biasa disebut 'darah' di dalam dunia game.adalah point yang pertanda total damage yang dapat diterima dari suatu unit. Jika unit kerkena damage maka point ini akan berkurang. Jika point ini mencapai titik 0 maka unit akan mati. Indikator HP adalah bar berwarna hijau.

Mana > Biasa juga disebut energy, yaitu point yang akan digunakan/diconsume untuk memakai beberapa ability ataupun item tertentu. Indikator Mana adalah bar berwarna biru yang berada sempurna di bawah Health Point Hero yang berwarna hijau.

Ability > Biasa juga disebut Skill atau Spell. Adalah kemampuan bawaan masing-masing Hero.

Cooldown > Jeda waktu yang dibutuhkan sebelum ability ataupun item sanggup dipakai kembali.

Active Skill > Ability yang sanggup diaktifkan dengan cara meng-klik tombol skill ataupun menekan hotkeys (shortcut skill) pada keyboard.

Passive Skill > Ability yang aktif secara otomatis pada pendekar tanpa perlu diaktifkan. Kebanyakan passive skill yaitu skill type buff yang akan menghasilkan efek positif pada Hero pemiliknya.

Respawn > Kondisi ketika pendekar yang terbunuh kembali hidup ke dalam arena.

Early / Mid / Late Game > Early game adalah sebutan untuk tahapan awal pada game, biasanya dari menit 0 hingga kira-kira 20 menit. Mid game berada pada waktu kira-kira 30 menit. Late Game berada pada waktu 50 menit keatas. Pada late game biasanya para pendekar sudah mempunyai item-item utama dan mempunyai level yang tinggi. Late game ini yaitu puncak dari game.

Build > Kombinasi item yang dibeli, dan urutan skill yang akan diaktifkan. Build akan berdampak pada Role dan gameplay dari pendekar yang akan digunakan. Hero yang sama sanggup mengambil Role yang berbeda-beda (support, carry, dll) di dalam sebuah game, tergantung dari build apa yang ia gunakan.

Buyback > Proses membayar gold dalam jumlah tertentu biar pendekar yang mati sanggup respawn secara instant, tanpa menunggu waktu penalty. Player Dota 2 sering menyingkat Buyback dengan sebutan 'bb'.

DPS > abreviasi dari "Damage Per Second". Adalah besaran rata-rata damage yang dihasilkan pendekar tiap detiknya. DPS tidak dihitung hanya dari attack speed, tetapi total damage yang dihasilkan dalam waktu tertentu gres akan dihitung rata-ratanya tiap satu detik.

AoE > abreviasi dari "Area of Effect". Adalah radius dari penggunaan ability ataupun item, yang sanggup mengenai beberapa sasaran sekaligus di dalam area tertentu.

Ultimate (Ulti) > Ability paling terakhir yang sanggup diambil sesudah pendekar mencapai level 6. Umumnya ability ini yaitu ability terkuat dari masing-masing hero. Beberapa orang juga menyebut ulti sebagai 'SS'

Auto Attack > Settingan dasar dimana ketika pendekar secara otomatis akan menyerang setiap musuh yang ada di dalam jangkauan serangnnya.

Creep > Monster yang akan muncul dari setiap Base (Dire & Radiant) yang akan keluar dari setiap Barrack yang berada di ujung Lane (top, mid, bottom) yang secara otomatis akan maju dan menyerang setiap musuh yang ada di dalam jangkauan serangnya. Creep mempunyai pola gerak tertentu yang sudah ditentukan.

Report > ada 2 arti untuk kata report di Dota 2. Arti pertama adalah, melaporkan kondisi pendekar lawan yang menghilang dari lane (contoh: "Nyx is missing!". ini yaitu salah satu rujukan report/laporan biar sobat kita lebih berhati-hati kerena Nyx tidak terlihat di Map). Arti yang kedua dari report adalah, melaksanakan vote kepada pemain yang jelek biar permain itu mendapatkan penalty/hukuman.


*     *     *     *     *


LOCATION
by : Akira Asayami


 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Dota 2 Arena Map

Fog of War > kabut yang berada di dalam area yang tidak terjangkau oleh range vision (jarak pengelihatan). Kita hanya sanggup melihat kedalam fog of war dengan cara berjalan mendekat, atau juga bisa dilakukan dengan cara memasang observer ward.

Jungle > Daerah pepohonan tempat dimana banyak neutral creep muncul. Jungle Dire ada di posisi top (atas), sedangkan Jungle Radiant ada di posisi bottom.

Lane > Jalur dimana creep berjalan dari base hingga base musuh. Terdapat beberapa Tower pada lane, dan dimasing-masing sudut lane terdapat Barrack tempat untuk creep keluar.

Hard Lane/ Off Lane/ Long Lane/ Suicide Lane > Salah satu lane di arena Dota 2 dengan posisi yang menyulitkan untuk farming. Posisi tower berada jauh dengan titik temu creep, dan posisi yang rentan untuk terkena gank oleh pendekar musuh lantaran terdapat pepohonan yang sanggup dipakai untuk bersembunyi. Untuk Dire, hard lane berapa di bottom. Untuk Radiant, hard lane berada di top (atas).

Safe Lane/ Easy Lane/ Short Lane > Salah satu lane dalam Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melaksanakan farming. Posisi friendly tower dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu Creep, sehingga memudahkan pendekar kau untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk Radiant adalah lane bottom, sedangkan untuk Dire berada di lane top.


*     *     *     *     *



STATUS EFFECT
by: Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Venomancer's Poison Nova. Debuff to enemies units

Buff > Efek positive yang biasanya berasal dari item tertentu dan ability tertentu dari beberapa hero. Umumnya berefek pada friendly hero, creep, dan bahkan pada bangunan di dalam sebuah team.

Debuff > Efek negative yang biasanya berasal dari item dan ability tertentu dari beberapa hero. Biasanya debuff ditargetkan kepada pendekar musuh dengan imbas ibarat silent, poison, slow, dll. Menghilangkan efek positive pada pendekar musuh juga sanggup disebut debuff.

Dispel > Menghilangkan efek positive maupun negative pada hero.

Spell Immunity > Buff yang didapat sementara, yang mengakibatkan pendekar menjadi kebal terhadap hampir semua ability dari pendekar lain, sehingga sanggup mempermudah untuk kabur atapun bertarung tanpa khawatir terganggu oleh ability2 dari musuh. Spell Imumnity bisa didapatkan dari item Black King Bar, atapun beberapa ability hero tertentu ibarat milik Lifestealer.

Stun > Status negatif sementara yang mengakibatkan pendekar lumpuh sehingga tidak sanggup bergerak dan tidak sanggup melaksanakan apapun (seperti memakai item dan ability).

Magic Resistance > Atribute pada pendekar ataupun unit lain, yang berefek mengurangi jumlah damage tipe magical yang mengenai unit tersebut.

Break > Kondisi ketika skill passive pada pendekar menjadi nonaktif sampai durasi tertentu.

Silent > Kondisi ketika skill active pada pendekar ataupun unit lain tidak sanggup diaktifkan hingga durasi tertentu.

True Sight > Kemampuan untuk melihat object yang tidak terlihat secara eksklusif (invisible) ibarat ward, bomb, dan hero invisible ibarat Riki. True Sight bisa didapatkan dari beberapa ability hero (seperti Track milik Bounty Hunter) dan juga item2 tersentu ibarat sentry ward, dust of apperance, dll.

True Strike > Kemampuan untuk menyerang pendekar musuh dengan persentase sukses 100% sehingga serangan tidak akan miss. True Srike didapatkan dari item Monkey King Bar.


*     *     *     *     *



DAMAGE TYPE
by: Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Queen of Pain's Sonic Wave gives Pure Damage

Physical Damage > Semua damage serangan normal dari setiap unit yaitu physical damage. Armor berpengaruh pada physical damage. Semakin besar point armor, maka semakin sedikit physical damage yang akan diterima

Magical Damage > Kebanyakan damage dari ability adalah magical damage. Armot tidak akan besar lengan berkuasa pada magical damage. Magic resistance lah yang akan mengurangi Magical Damage. Magic resist bisa didapatkan dari beberapa ability hero (seperti anti-mage & Rubick) dan beberapa item ibarat Pipe of Insight.

Pure Damage > Damage murni yang tidak akan dikurangi oleh hal apapun. Entah itu armor atapun magic resistance tidak akan berdampak pada pure damage. Contohnya ulti milik Queen of Pain.


*     *     *     *     *



ACTION
by: Akira Asayami
 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Crystal Maiden. Pulling Creep

Push > Tidakan menyerang maju kearah base musuh dengan fokus menghancurkan tower, barrack, atapun ancient.

Warding > Kegiatan pemasangan observer ward dengan tujuan memperluas jarak pengelihatan dan membuka pengelihan di lokasi-lokasi tertentu.

Deward > Proses mencari dan menghancurkan ward  milik team lawan.

Deny > Membunuh friendly creep biar musuh tidak mendapatkan gold dan hanya mendapatkan sedikit exp, ataupun menghancurkan friendly tower yang sekarat biar para pendekar musuh hanya mendapatkan sedikit gold. Dalam kondisi tertentu kita juga sanggup melaksanakan deny pada friendly hero.

Jungling > Proses mencari dan membunuh neutral creep di dalam jungle untuk mendapatkan gold dan exp.

Farming > Jika diartikan ke bahasa indonesia, yaitu "berkebun". Namun di dalam Dota 2, Farming yaitu acara mengumpulkan gold dengan cara membunuh creep dan neutral creep dengan tujuan membeli item tertentu. Dalam posisi farming biasanya pendekar akan menghindari kontak dengan musuh, dan hanya berfokus untuk mengumpulkan gold yang banyak.

KS > Singkatan dari "Kill Steal". Tindakan mencuri point kill yang akan didapatkan oleh friendly hero di dalam team, dengan cara melaksanakan last hit pada pendekar musuh yang akan hampir terbunuh.

Spam (ability) > Penggunaan ability secara terus menerus, pada ability yang mempunyai cooldown yang singkat.

Juking (Juke) > Gerakan mengecoh agar terlepas dari kejaran atapun gank hero lawan. Juke dapat dilakukan dengan cara mengarahkan pergerakan pendekar secara acak, sehingga musuh tidak sanggup memprediksi arah tujuan pendekar yang kita kendalikan. Juke juga sanggup dilakukan dengan memanfaatkan pepohonan ataupun cliff.

Kite > Gerakan menjauh dari pendekar musuh sambil terus memberikan damage. Biasanya disebut hit-and-run pada game lain. Biasanya teknik ini dilakukan oleh pendekar type range lantaran mempunyai jangkauan serang yang jauh.

Last Hit > Serangan terakhir yang dilakukan oleh pendekar yang mengakibatkan musuh terbunuh. Hero yang melakukan last hit akan mendapatkan point atas apa yang dibunuhnya (creep ataupun hero).

Gank > Gank yaitu serangan dadakan yang dilakukan dengan cara menyerang secara bersamaan kepada pendekar musuh yang sendirian, ataupun pendekar musuh yang jumlahnya lebih sedikit dari pendekar di team kita. Misalnya musuh yang sedang sendiri tiba-tiba diserang oleh 5 pendekar lawannya.

Harass > Dalam bahasa Indonesia artinya 'Menggangu". Di dalam Dota 2, harass ini yaitu acara menyerang pendekar musuh secara sedikit demi sedikit dengan serangan normal ataupun ability, dengan tujuan menggangu proses farm pendekar musuh. Biasanya Harass ini dilakukan oleh pendekar type range atapun pendekar dengan ability damage yang sanggup di-spam.

Assist > Kegiatan membantu dan memberikan score kill kepada pendekar teman.

Throw > Istilah untuk hal yang dilakukan oleh seseorang ataupun orang-orang di dalam sebuah team, yang menempatkan teamnya pada posisi sulit yang sanggup berujung pada kekalahan, padahal tadinya posisi team berdada dalam posisi unggul di atas team musuh.

Creep Blocking > Kegiatan menghalang-halangi gerakan friendly creep biar creep berjalan lebih lambat. Akibatnya titik temu creep akan lebih bersahabat kepada friendly tower. Titik temu creep yang bersahabat dengan friendly tower akan mempermudah kita untuk menyerang creep musuh dalam posisi yang kondusif (karena pendekar ter-cover oleh tower).

Creep Pulling > Kegiatan menarik/memancing neutral creep biar berjalan menuju lane, sehingga neutral creep akan bertemu dan bertarung dengan friendly creep.

Creep Stacking > Menarik neutral creep keluar dari camp-nya hingga jarak tertentu pada minute mark. Saat camp neutral creep dalam kondisi kosong saat minute mark, maka neutral creep yang gres akan muncul. Minute mark yaitu waktu disaat neutral creep gres akan muncul mengisi camp neural creep yang kosong. Minute Mark setiap camp berbeda-beda. Biasanya neutral creep yang sudah menumpuk banyak akan diberikan kepada pendekar carry.

Backdoor > Aksi menghancurkan bangunan musuh (tower, barrack, ataupun ancient) jauh dibelakang titik temu creep, sehingga HP bangunan tersebut akan terus pulih. Bangunan tetap bisa hancur jikalau dps yang dihasilkan pendekar sudah cukup besar.


*     *     *     *     *



ROLE
by: Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!

Carry > Role pada pendekar yang berperan sebagai ujung tombak di dalam sebuah team. Di dalam sebuah team yang berpengalaman, pendekar ini akan didukung oleh pendekar lain di dalam teamnya biar cepat naik level, dan cepat mendapatkan item-item yang akan dibelinya, supaya pendekar ini kuat membantai hero musuh.

Support > Role pada pendekar yang berperan sebagai pendekar bantuan pada game. Hero support bertanggung jawab pada pembelian kurir, pemasangan ward, dan memakai ability yang mendukung hero-hero lain di dalam teamnya. Hero tipe support juga biasanya sanggup memperlihatkan imbas debuff pada musuh sehingga mempermudah friendly pendekar mengalahkan pendekar musuh tersebut.

Tank > Role pada pendekar yang umumnya mempunyai HP yang tinggi dan ability lain yang mendukung pendekar ini biar sanggup menerima banyak damage dari musuh. Hero ini akan ada di depan ketika sedang di dalam pertempuran untuk melindungi hero-hero lain yang mempunyai HP lebih sedikit.

Nuke / Nuker > nuke secara harfiah yaitu abreviasi dari nuclear. Di dalam Dota 2 nuke yaitu istilah untuk ability para pendekar yang mempunyai damage yang tinggi dan sanggup dipakai secara sering lantaran cooldownnya yang relatif singkat. Ability2 ini yang nantinya akan diandalkan untuk memotong HP para pendekar musuh secara signifikan. Nuker sendiri yaitu istilah untuk pendekar yang mempuyai ability tersebut. Kebanyakan Nuker adalah pendekar intelligent yang mempunyai HP sedikit tapi mempunyai damage yang besar yang berasal dari abilitynya.


*     *     *     *     *



ADVANCED
by: Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
Dota 2 Pro Players from Pro Teams

Map Awareness > Kemampuan player untuk mengawasi dan waspada terhadap seluruh lokasi di arena Dota 2 dengan memperhatikan lokasi secara eksklusif ataupun melihat melalui minimap. Map Awareness sangat dibutuhkan oleh pengguna hero-hero tertentu ibarat Zeus, Nature Prophet, Silencer, Spirit Breaker, Invoker lantaran penggunaan abilitynya yang mencakupi seluruh arena Dota 2.

Aggro > Cara yang dilakukan biar creep musuh akan maju dan menyerang pendekar yang sedang berada di belakang titik temu creep. Creep musuh akan berjalan melewati creep lain sehingga posisi creep musuh akan lebih gampang untuk diserang oleh hero.

New Meta > Biasanya dipakai player Dota 2 untuk menjelaskan konsidi Build baru (yang tidak masuk akal pada Hero tertentu), tetapi sukses dalam memakai build tersebut. Tidak jarang pendekar berubah rolenya saat memakai New Meta. New Meta yang sukses biasanya akan menjadi tren build gres yang akan dipakai oleh player Dota 2 lantaran biasanya lebih unik, mudah digunakan, dan invofatif sehingga terhindar dari rasa bosan lantaran memakai build usang yang itu-itu saja.

MMR > singakatan dari Match Making Rating. Adalah game yang akan beranggotakan player dengan rating point yang rata-rata hampir sama. Rating akan didapatkan jikalau player memenangkan sebuah game MMR. Semakin tinggi rating MMR seorang player, maka ia akan mendapatkan musuh-musuh dengan rating MMR yang juga tinggi.


*     *     *     *     *


OTHER
by: Akira Asayami

 maka kau harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun taktik bersama teammu Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!


AFK > abreviasi dari "Away From Keyboard", artinya "Jauh Dari Keyboard". Adalah kondisi disaat pemain tidak sedang berada di depan komputer untuk bermain, dan meninggalkan character yang digunakannya terdiam tanpa respond.

Recon > abreviasi dari "Reconnect" atau konek ulang. Recon adalah acara keluar dari game, kemudian kau kembali masuk ke game. Biasanya recon ini dilakukan jikalau pemain mendapat masalah teknis ketika bermain. Seperti: gangguan jaringan, freeze, lag pada game. Player yang mengalami duduk kasus akan mengetik chat "Recon" dengan tujuan biar player lain menunggu player tersebut ketika dalam posisi terdisconnect dari game. Dan memberi tahu player lain, kalau nantinya ia akan kembali.

Freeze > bencana ketika keseluruhan game berhenti secara mendadak dengan waktu yang cukup usang (berbeda dengan lag), tapi animasi pada game tetap berjalan (jadi freeze ini juga berbeda dengan 'hang'). Biasanya freeze ini terjadi akhir gangguan jaringan, dari server yang down, hingga gangguan pada provider internet.

Feeder  > Player yang sering mati di tangan musuh, sehingga sangat menguntungkan pihak musuh dan merugikan teamnya sendiri. Feeder di sini ada 2 macam. Ada yang dilakukan secara sengaja untuk alasan tertentu, ada juga yang disebabkan lantaran skill pemain yang buruk.

DC (Disconnect) > Kondisi disaat player terputus dari game. Entah ia keluar atas kemauan ia sendiri, maupun akhir internet yang putus.

GGWP > Singkatan dari "Good Game Well Played". Sebenarnya ini yaitu kata-kata untuk memuji musuh yang bermain dengan sangat baik. Namun kini kata ini mempunyai arti yang luas. Kata GGWP ini bahkan biasa dipakai juga untuk menghina/menyindir pemain yang bermain sangat buruk, atapun menggambarkan kepasrahan karena kemungkinan teamnya akan kalah. Para pemaian Dota 2 sering mempersingkat istilah ini dengan sebutan 'GG' atapun 'WP'.

Fat (gendut) > kondisi di ketika pendekar sudah memiliki item-item sasaran yang akan dibelinya (terutama core item & luxury item), sehingga stat dan damage hero tersebut meningkat dengan pesat. Biasanya pendekar akan disebut fat jika ia mempunyai item-item core dan luxurynya mendahului hero-hero lain, sehingga perbedaan kekuatan pendekar tersebut dengan pendekar lain sangat signifikan.

Imba > Singkatan dari "Imbalance" artinya 'tidak seimbang'. Imba ini yaitu kata yang ditujukan kepada pendekar musuh yang mempunyai kekuatan jauh diatas pendekar lain alasannya yaitu skill pemainnya yang tinggi, sehingga tidak ada pendekar yang berkutik melawan pendekar ini.

Instalock > Proses cepat dalam memilih hero yang akan dipakai ketika permainan gres saja dimulai.

Meta > Konsidi keseimbangan antara para Hero yang ditetapkan oleh developer game.

Missing! > Kondisi ketika Hero musuh tidak terlihat pada Map ataupun minimap. Mungkin para pendekar musuh sedang berkumpul untuk melaksanakan serangan dadakan (gank), maka para player dalam sebuah team akan saling mengingkatkan dengan kata 'Missing!' biar semua anggota team waspada lantaran musuh sedang tidak terdeteksi di map.

Noob > noob diangkat dari kata Newbie atau diartikan sebagai pemula. Noob biasanya akan dilontarkan kepada pemain yang bermain dengan buruk. Karena buruknya cara bermain, maka pemain tersebut disamakan dengan pemain pemula yang tidak mempunyai skill dan pengetahuan dalam bermain Dota 2. Mungkin untuk para pemula kata-kata ini tidak akan berdampak serius, tapi tahu kan kau kalau para Elder di Dota 2 akan sangat sakit hati jikalau kata ini tertuju pada dia?

OP > abreviasi dari "Over Powered". Kombinasi item atapun ability hero yang dinilai terlalu kuat dan mengakibatkan ketidakseimbangan di dalam game Dota 2. Biasanya delevoper game akan menyeimbangkan pendekar atapun item yang dinilai OP dipatch game Dota 2 yang akan mendatang.

Rage Quit > Istilah untuk pemain yang kesal kemudian keluar dari game sebelum game berakhir, sehingga meninggalkan anggota teamnya masih bermain.

Pinoy > artinya 'Orang Filipina'. Namun bukan hanya itu. Penyebutan Pinoy di dalam Dota 2 sebenarnya yaitu ejekan bagi orang Filipina. Karena dulunya banyak dari orang Filipina yang bermain Dota 2 dengan buruk. Seperti: Tetap chat dengan bahasa Filipina walaupun mendapat team dari negara lain, cara main yang buruk, spam voice yang mengganggu, rage quit, milimpahkan kesalahan pada player lain, me-report player lain dengan alasan sepele. Dan lantaran gambaran buruknya itu terciptalah kata 'Pinoy', dengan tujuan mengejek para player tersebut.


 *     *     *     *     *

Related Posts