Rabu, 25 November 2015

Tips Cara Menciptakan Time Management Yang Efektif

Tips Cara Membuat Time Management Yang Efektif, 4 formula membuat time management yang baik. Sangat cocok bagi kita yang ingin mendisiplinkan diri. Artikel ini berisikan isu mengenai langkah-langkah membuat time management yang efektif. Time management merupakan kunci kesuksesan, jadi jangan bermain-main dengan waktu. Saya pernah mendapati sebuah quote "gagal merencanakan sama halnya merencanakan untuk gagal".

Selamat pagi sobat tiportips semuanya, apa kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja dan semoga semua hal positif yang anda rencanakan hari ini berjalan dan baik serta penuh keberkahan. Nah sobat sekalian, untuk artikel kali ini kita akan sedikit mengulas problem time management. Garis besar mengenai time management menyerupai yang sudah saya utarakan pada paragraf awal. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi kita semua dan semoga hidup kita menjadi lebih efektif lagi.

Kebanyakan dari kita termasuk penulis sendiri tidak mempunyai time management yang baik. Alhasil kehidupannya menjadi tidak teratur dan banyak waktu yang tidak dimanfaatkan dengan baik padahal waktu kehidupan kita di dunia ini sangatlah singkat. Sebagai alibi kita malah menyampaikan tidak ingin di kekang dan ingin membiarkan segala hal mengalir apa adanya. Hal ini merupakan hal yang sangat keliru. Karena terkadang kesempatan itu tidak tiba dengan sendirinya tetapi harus diciptakan dan salah satu cara membuat kesempatan yaitu dengan time management.

Tips Cara Membuat Time Management Yang Efektif Tips Cara Membuat Time Management Yang Efektif
Picture by Google

Pernahkah sobat merencanakan sesuatu tapi tidak diatur dengan time management yang baik. Dalam pelaksanaannya ternyata banyak hal yang tidak terduga yang membuat sobat menjadi lupa dan terlena . Akhirnya pada hari tersebut banyak dari hal yang sudah sobat rencanakan tidak terlaksana. Coba bayangkan kalau planning yang tidak terealisasi tersebut merupakan pertemuan dengan investor, bukankah ini namanya menutup peluang.
Nah untuk itu marilah kita sama-sama mencar ilmu bagaimana caranya membuat time management yang efektif. Harapannya dengan time management ini hidup kita menjadi lebih teratur, setidaknya kita menjadi tahu apa aktivitas yang harus kita lakukan. Dan perlu sobat ketahui bahwa setiap orang sukses niscaya mempunyai time management yang baik. Makara jikalau kita ingin sukses maka mulailah latihan untuk membuat time management. Baiklah, untuk membuat time management yang baik, sobat sanggup mengikuti langkah-langkah membuat time management yang efektif berikut ini.

Cara Membuat Time Management Yang Efektif


1. Membuat to do list atau agenda

Buatlah agenda harian, mingguan dan jangka panjang  mengenai apa yang akan kita lakukan. Hal ini bertujuan untuk mendisiplinkan diri kita. Dengan latihan membuat to do list atau agenda ini maka insya Allah time management kita akan semakin membaik dan kita pun akan semakin disiplin sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

2. Membuat sasaran dan reward

Buatlah target-target baik itu sasaran kecil maupun sasaran besar dalam jangka waktu tertentu. Ini merupakan salah satu bentuk dari time management. Jika kita berhasil mencapai sasaran tersebut maka sediakanlah reward untuk diri kita sendiri sebagai bentuk penghargaan. Dengan metode ini maka kita akan terbiasa mempunyai sasaran akan dengan gampang mencapainya.

3. Membuat prime time 
Untuk membuat time management yang baik, hal berikutnya yang harus kita lakukan yaitu dengan membuat prime time. Prime time merupakan waktu terbaik untuk mendapat ide, biasanya ide-ide liar kita muncul di ketika prime time. Setiap orang mempunyai prime time yang berbeda-beda, ada yang di pagi hari, disaat fajar dan ada juga pada ketika tengah malam. Ketahui prime time milik kita dan buatlah agenda serta sasaran pada ketika prime time.

4. Buatlah prioritas 
Salah satu bab dari time management yaitu prioritas. Buatlah prioritas, alasannya jikalau kita tidak membuat prioritas maka kita akan dibingungkan dengan apa yang harus kita lakukan duluan. Masing-masing orang mempunyai prioritas yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan final mereka masing-masing. Hal ini juga sempat saya ulas pada artikel sebelumnya yaitu review buku the 7 habits of highly effective people.

Nah sobat sekalian, itulah sedikit isu mengenai tips cara membuat time management yang efektif. Semoga isu ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga isu bermanfaat lainnya mengenai sharing business dengan alumni yea sekaligus owner indobordir. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah berpikiran positif dalam setiap keadaan.


Sumber http://www.tiportips.com/

Related Posts