Senin, 04 Januari 2016

Tips Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Lain

Tips Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Lain, berisikan info mengenai cara melaksanakan delegasi. Kita akan mengetahui fungsi dari delegasi dan Apa-apa saja yang mengakibatkan terjadinya delegasi. Saya pernah mendapati sebuah quote "focus on your strength and delegate your weakness". Maksudnya kita harus fokus pada kelebihan kita dan mendelegasikan kelemahan kita pada orang lain untuk ditutupi. Makara di sini kita sudah bisa melihat betapa pentingnya delegasi.

Halo teman tiportips semua. Bagaimana perasaan anda hati ini? Semoga selalu merasa gembira dan penuh keceriaan. Nah sobat, untuk artikel berikut ini masih merupakan lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya. Artikel yang akan kita bicarakan kali ini berisi info ihwal memilih prioritas dengan cara delegasi. Semoga info yang kita sanggup ini bisa bermanfaat dan semakin membuka wawasan kita akan pentingnya delegasi.

Tips Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Lain Tips Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Lain
Picture by Google

Pelajaran yang saya ambil dari sekolah bisnis yang sedang saya jalani, saya menyadari akan pentingnya delegasi. Dalam sebuah bisnis atau organisasi kalau tidak ada delegasi maka bisnis atau organisasi tersebut tidak akan jalan. Karena apa? Karena kita tidak sanggup melaksanakan semua hal sendirian, jadi kita sangat membutuhkan proteksi orang lain untuk mengerjakannya. Agar lebih melek lagi, silahkan teman perhatikan beberapa fungsi atau manfaat delegasi berikut ini.

Manfaat delegasi


1. Menghemat waktu
Pekerjaan yang tadinya kita kerjakan semua terus di delegasikan separuh ke pada orang lain. Alhasil pekerjaan kita jadi jauh lebi cepat terselesaikan.

2. Mengembangkan orang lain untuk menolong dirinya sendiri
Dengan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain maka kita sudah membantu orang lain untuk membuatkan dirinya. Semakin usang maka akan semakin banyak ilmu yang dimilikinnya.

3. Pekerjaan lebih efektif dan peningkatan produktivitas
Dengan pendelegasian maka setiap pekerjaan kita akan jadi jauh lebih efektif dan produktivitas meningkat.

4. Organisasi hanya mungkin terjadi alasannya ialah pendelegasian
Sebuah organisasi hanya bisa dijalankan dengan adanya delegasi alasannya ialah tidak semua pekerjaan yang harus dilakukan dalam sebuah organisasi mustahil dikerjakan oleh satu orang.

Jika kita sudah mengetahui manfaat dari delegasi, selanjutnya kita harus mengetahui faktor apa saja yag mengakibatkan terjadinya delegasi.

Faktor penyebab terjadinya delegasi


1. Bersedia untuk mendelegasikan.
2. Focus pada hasil yang didinginkan.
3. Ada patokan yang jelas.
4. Orang yang tepat.
5. Instruksi yang jelas.
6. Memberikan feedback dan support.

Setelah mengetahui manfaat dan penyebab terjadinya delegasi, kiprah kita selanjutnya ialah mengetahui cara mendelegasikan. Untuk itu silahkan ikuti cara melaksanakan delegasi berikut ini.

Cara Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Lain


1. Ajarkan, kita yang melaksanakan ia yang mengawasi
Ajarkan lah orang yang ingin kita delegasikan mengenai pekerjaan yang akan kita delegasikan.

2. Lakukan bersama
Kita melaksanakan pekerjaan tersebut bersama dengan orang yang akan kita delegasikan. Disini kita bisa memberikan info apa saja mengenai pekerjaan tersebut.

3. Dia yang melakukan, kita yang melakukan
Biarkan orang yang kita delegasikan melaksanakan pekerjaan sendiri dengan pengawasan kita. Perbaiki kalau ia melaksanakan kesalahan, dan jangan sungkan memberi kebanggaan kalau pekerjaannya bagus. Atau bahkan ambil cara yang dilakukannya kalau ternyata lebih manis dari yang kita lakukan.

4. Biarkan ia melaksanakan pekerjaan tanpa pengawasan kita
Ini merupakan tahap final dari pendelegasian. Karena kita sudah menganggap orang tersebut bisa dan siap maka kita sudah bisa meninggalkannya melaksanakan pekerjaan tersebut tanpa pengawasan kita.

Nah teman sekalian, itulah sedikit info mengenai tips cara mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain. Semoga info ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga info menarik lainnya mengenai tips cara memilih prioritas menurut tujuan akhir. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah untuk berbuat baik kepada kedua orang renta alasannya ialah hal itu merupakan kewajiban.


Sumber http://www.tiportips.com/