Tips: Tiga Tipe Konsumen Yang Wajib Kita Ketahui, halo sobat tiportips semuanya, selamat pagi. Bagaimana rencana aktivitasnya hari ini? semoga berjalan lancar dan penuh keberkahan. Sobat sekalian, belakangan ini tiportips banyak memberikan informasi seputar bisnis. Harap maklum saja ya, secara aku sebagai owner tiportips sedang mengikuti sekolah bisnis di YEA. Semoga hal ini tidak mengurangi minat sobat sekalian untuk berkunjung ke tiportips. Nah untuk artikel kali ini pun temanya berkaitan dengan bisnis yaitu mengenai tiga tipe konsumen yang wajib diketahui para pebisnis. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat bagi kita semua.
Setiap pelanggan itu mempunyai karakteristiknya masing-masing. kita tidak sanggup men generalisasikan konsumen menjadi satu tipe saja. Banyak para penjual yang tidak mengetahui tipe-tipe konsumen ini sehingga penjualannya tidak efektif bahkan ada penawaran yang terbilang sia-sia alasannya jikalau kita sudah mengetahui ilmunya, ada calon konsumen yang bergotong-royong tidak sanggup kita tawarkan produk. Sebagai seorang pebisnis kita harus mengetahui hal ini. alasannya dengan mengetahui tipe-tipe konsumen maka kita akan dengan gampang sanggup meningkatkan jumlah penjualan kita.
Beberapa kemudian dikala kami mengikuti kegiatan oscet (orientasi siswa calon entrepreneur) di YEA, ada satu sesi program yang namanya lomba memberikan produk ke konsumen. Tujuan dari sesi ini ialah untuk mengetahui apa saja tipe-tipe konsumen yang ada. Untuk sesi ini kami dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing ketua disuruh maju kemudian mengambil undian yang berisikan satu tipe konsumen dan ini harus dirahasiakan dari kelompok lain. Waktu itu aku berposisi sebagai ketua kelompok, Alhamdulillah kertas undian yang aku ambil bertuliskan "impulsif". Saya dan team bertanya-tanya kira-kira apa yang dimaksud dengan spontan ini.
![]() |
Picture by Google |
Kemudian saatnya giliran kelompok kami untuk melaksanakan penawaran produk ke konsumen. Kami dibariskan pada 6 dingklik yang memanjang ke belakang. Kemudian satu orang yang di depan memberikan produk ke konsumen dengan batasan waktu beberapa puluh detik, bila belum deal maka orang tersebut dipindah ke belakang kemudian yang melaksanakan penawaran ialah orang di belakangnya. Begitu seterusnya. Namun tidak berapa usang kemudian Alhamdulillah kami berhasil melaksanakan transaksi. Saya menjadi heran, mengapa kami begitu gampang melaksanakan transaksi sedangkan kelompok lain tidak. Saya menjadi curiga dengan kata-kata "impulsif" yang kami dapatkan sebelumnya.
Di final program ternyata ada juga kelompok lain yang tidak berhasil melaksanakan transaksi hingga akhir. Kemudian para senior memberikan klarifikasi mengenai tipe-tipe konsumen yang tadi kami dapatkan. Berikut ini tiga tipe konsumen yang wajib kita ketahui menurut ilmu yang kami sanggup sebelumnya dari sesi penawaran produk.
Tiga Tipe Konsumen Yang Wajib Kita Ketahui
1. Apatis
Konsumen yang tidak sanggup dijadikan target. Biasanya konsumen yang menyerupai ini selalu hambar bahkan terkadang bersifat defensif. Nah hal ini menjadi masuk akal kalau ada kelompok yang tidak sanggup melaksanakan transaksi alasannya ternyata tipe konsumen yang mereka dapatkan ialah apatis. Sebaiknya kita tidak perlu bersusah payah melaksanakan penawaran pada konsumen menyerupai ini alasannya kita tidak sanggup menjadikannya sebagai target.
2. Analis
Konsumen tipe ini merupakan konsumen yang melihat secara detil. Mereka perlu tahu manfaat dan kelebihan barang tersebut untuk mereka. Biasanya konsumen tipe ini akan melihat produk kita itu usang sekali, tapi hal itu tidak mengapa. Kita hanya perlu memberikan manfaat barang tersebut untuk mereka maka mereka akan membeli.
3. Impulsif
Konsumen tipe ini merupakan konsumen yang besar impian membelinya. Biasanya uang tidak jadi masalah. Yang kita butuhkan hanya embel-embel biar konsumen ini mau membeli produk kita. Pantas saja kelompok kami begitu gampang melaksanakan transaksi ternyata tipe konsumen yang kami dapatkan merupakan tipe yang sangat berpengaruh impian membelinya.
Nah sobat sekalian, itulah sedikit informasi mengenai tips tiga tipe konsumen yang wajib kita ketahui. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai tips wajib analisa perjuangan memakai metode swoting. Terima kasih atas kunjungan anda dan have a great day.
Sumber http://www.tiportips.com/