Kamis, 09 Oktober 2014

Cara Gampang Melegakan Ram Sampai 60% Tanpa Root

Cara Praktis Melegakan RAM Hingga 60% Tanpa Root


Smartphone Android Kamu terasa lebih lambat dibandingkan biasanya? Kemungkinan kapasitas RAM (random access memori) smartphone sudah makin sempit.

RAM digunakan untuk menyimpan banyak sekali data dari aplikasi yang masih aktif. Dengan begitu, aplikasi dapat diakses dengan cepat oleh prosesor.

Bisa dibilang, RAM ialah ruang penyimpanan sementara yang menciptakan pengguna dapat mengakses banyak hal dan menciptakan smartphone jadi multitasking.

Oleh sebab itu, bila kapasitas RAM makin sempit, kinerja smartphone Android dalam memproses perintah pengguna makin melambat. Contohnya, dikala kau ingin membuka aplikasi Facebook, prosesnya akan lebih lambat dibanding biasanya.

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya? Berikut ialah sejumlah tips menciptakan RAM lebih lega.

1. Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper
Personalisasi smartphone dengan menambahkan widget dan live wallpaper memang menciptakan tampilan smartphone jadi lebih personal. Meski begitu, Ternyata widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM.

Alih-alih menjadi lebih cepat, sering me-refresh perangkat justru menguras baterai.

Oleh sebab itu, langkah yang sempurna untuk dilakukan ialah membatasi penggunaan widget dan menonaktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.

2.Nonaktipkan Aplikasi Tidak Perlu
Beberapa aplikasi memang menggunakan kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan. Karenanya, kau dapat menentukan aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kau dapat masuk ke Setting, kemudian menentukan hidangan Application Manager. Selanjutnya, kau akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android-mu.

Jangan coba-coba untuk menonaktifkan semua aplikasi. Usahakan menentukan aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tak pernah digunakan lebih baik meng-uninstall-nya

3.Disable Efek Animasi 
Animasi seringkali memakan banyak memori RAM, untuk menonaktifkannya, kau harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting kemudian pilih About Phone.

Selanjutnya ketuk Build Number sekitar tujuh kali sampai ponsel menunjukkan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.

Setelah belahan ini selesai, kau dapat masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options.

Selanjutnya, kau dapat masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang dapat dinonaktifkan di antaranya ialah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale

Sumber https://boltapp.blogspot.com/