Kamis, 06 Juni 2019

Mengatasi Gitar Atau Bass Yang Fals

 kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi gitar atau bass yang fals Mengatasi Gitar atau Bass yang Fals
Ilustrasi


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi gitar atau bass yang fals. Fals yang berasal dari kata false merupakan keadaan dikala nada dari dawai gitar atau bass kita tidak sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Fals yang kita maksud bukanlah keadaan kesalahan dalam penyeteman atau penyetelan senar, bukan juga alasannya yaitu stelan yang berbeda dari standart pada umumnya (misal drop C, drop A, dan sebagainya). Fals yang kita maksud yaitu keadaan dimana kita telah benar melaksanakan penyetelan tiap senar (dibuktikan dengan langkah penyetelan yang sempurna serta telah sesuai nada pada tuner), akan tetapi bunyi dikala dipetik atau digenjreng bersamaan tidak sesuai dengan yang kita harapkan.


Pernahkah mengalaminya? Saat semua hukum dalam penyetelan gitar telah dilakukan dengan tepat, namun dikala bermain gitar, ternyata senar masih menghasilkan nada atau bunyi yang tidak tepat. Ketika hal itu terjadi, maka hal yang perlu dicek yaitu bagaimana kondisi gitar kita? Apakah jarak senar dari bridge menuju nut sudah sesuai? Banyak masalah jarak tersebut terlalu panjang atau terlalu pendek. Hal ini biasanya terjadi pada gitar listrik atau bass listrik yang memang bridge-nya dapat diatur.

Kendati lebih banyak dialami oleh gitar listrik dan bass listrik, namun faktanya dalam beberapa kasus, hal ibarat ini juga dapat dialami oleh gitar akustik. Nah dalam kesempatan kali ini, kita hanya akan memperbaiki kesalahan jarak senar pada gitar elektrik atau bass listrik alasannya yaitu bila gitar akustik, cukup jarang terjadi apalagi pada gitar akustik dengan merk ternama dan asli.

Ketika terjadi kesalahan penyetelan yang diakibatkan oleh kesalahan jarak senar, hal yang terjadi yaitu bunyi yang dihasilkan antar senar tidak sesuai, padahal tiap senar sudah kita lakukan penyetelan dengan benar. Jika sudah begitu, kita harus siapkan obeng plus (+) (obeng diadaptasi dengan kebutuhan) dan juga kuping yang masih berkonsentrasi hihi. Langkah untuk mengecek ketidak sesuaian jarak senar dari bridge dan nut cukup sederhana. Pertama kita petik senar dalam kondisi bebas atau tanpa kita tekan pada fret manapun, kita petik tanpa memutarkan dryer. Kita dengarkan baik-baik nadanya, kemudian kita petik kembali senar namun dengan keadaan senar menekan pada kolom ke 12 atau pada tanda titik dua. Suara yang dihasilkan dari senar dikala bebas harus sesuai dengan senar dikala ditekan pada kolom ke 12.

Bila tidak sesuai, kita lakukan penyetelan pada saddle pada bridge atau tremolo. Banyak masalah terjadi alasannya yaitu jarak senar terlalu panjang, maka kita tinggal longgarkan saja baut pada saddle, bila terlalu pendek, maka kita kencangkan baut pada saddle. Lakukanlah hal tersebut hingga senar dapat bersuara atau bernada sama dikala tengah bebas dan dikala tengah menekan kolom ke 12.  Lakukan langkah-langkah tersebut pada setiap senar.

 kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi gitar atau bass yang fals Mengatasi Gitar atau Bass yang Fals
Contoh baut untuk mengatur saddle pada gitar listrik semi updown
Jangan lupa sebelum melaksanakan langkah di atas, diusahakan senar dalam keadaan tidak terlalu kencang, hal ini untuk mengindari terjadinya putus senar. Nah artikel ini kami cukupkan hingga disini, simpulan kata biar bermanfaat dan hingga jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Sumber https://icalan01.blogspot.com/